Bos Dorna (pelaksana balap MotoGP), Carmelo Ezpeleta menjamin kalau musim balap 2012 akan diikuti 22 motor dibandingkan 2001 yang akan melepas 17 starter.Lonjakan ini dikarenakan diterapkannya regulasi baru, dari mesin 800 cc (sekarang) menjadi 1.000 cc. Tak cuma itu. Mesin produksi pun diizinkan dipakai balap. Tujuan perubahan ini untuk mengurangi anggaran dan meningkatkan partisipasi peserta.

“Tantangan bagi kita tahun depan, bagaimana membuat kejuaraan yang lebih ekonomis bagi tim, terutama untuk tim independen (bukan pabrikan),” ungkap Ezpeleta. Ia yakin akan diikuti sedikitnya 22 pembalap dari hasil pembicaraannya dengan orang-orang di sekitar MotoGP. Bahkan, lanjutnya, pihaknya sudah mempunyai beberapa tim pabrikan yang lama maupun baru telah menunjukkan minatnya untuk tampil.

“Namun, tidak bisa 100 persen diungkap sekarang,” sebut Ezpeleta. Mengenai singgungan dengan kejuaraan dunia superbike (SBK) karena 1.000 cc, Ezpeleta menegaskan pihaknya (Dorna) tidak ada konflik dengan promotor SBK Infront. “Kami mengikuti kontrak dengan FIM dan tidak ada masalah. Diskusi soal (apa yang) prototipe dan bukan prototipe bukan menjadi tugas kami. Tidak ada yang dapat mengatakan kalau salah satu motor yang tampil di MotoGP bukan prototipe,” tegas Ezepeleta.