Ben Spies membuka kunci kesuksesan nya sebagai Rookie of The Year di musim 2010 lalu bersama Team Yamaha Tech 3.
Spies juga mengungkapkan bahwa dirinya selalu belajar dari cara membalap Valentino Rossi yang terkenal memiliki perhitungan akurat saat berada di atas lintasan.
Dan memang terbukti bahwa hasilnya pun sangat luar biasa, Ben Spies yang berasal  asal Amerika Serikat tersebut berhasil menyentuh finis di peringkat enam, satu tempat di depan Rossi dalam seri pembuka di sirkuit Losail Qatar.
Indikasi Spies bakal tampil cemerlang pun semakin terlihat jelas saat dia bertarung  dengan sejumlah pembalap papan atas  seperti Valentino Rossi,Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, dan Casey Stoner.
“Saya tidak pernah balapan dengan Rossi seperti itu dalam kurun waktu lama dan dia bukan pria yang mudah dilewati,” tukas Spies sebagaimana dikutip Moto Racing, Kamis (31/3/2011) “Cara dia menunggangi motornya membuatnya sulit dilewati.”
“Saya belajar banyak dari dia bagaimana teknik mengerem di tikungan. Dia sangat baik saat mengerem dan dia tidak memiliki kekurangan sama sekali,”
“Saya hanya perlu bersabar karena Anda tidak bisa menyerang dia dan berharap bisa melewatinya. Dia sama sekali tidak pernah berbuat kesalahan. Kecepatannya tidak secepat saya bakal bisa menyalipnya. Tapi itu pekerjaan keras baginya. Dan itu merupakan race yang menyenangkan,” pungkas Spies.